Hallo vespa traveler,
kali ini kita akan membahas tentang berapa atau cara mengetahui takaran yang ideal buat mencampurkan oli samping ke bensin.
untuk sebagian tipe vespa yang sudah memiliki pencampur otomatis mungkin tidak terlalu jadi masalah, namun untuk sebagian besar yang tak memiliki tangki yang memiliki pencampur otomatis membuat kita bingung bagaimana sih atau takaran yang ideal itu seperti apa?
untuk mengatasi itu sebenarnya di beberapa bengkel vespa sudah menyediakan alat ukurnya seperti cangkir yang menunjukan takaran untuk setiap liter bensinnya seperti gambar berikut :
namun jika kita tidak memiliki alat ukur, kita bisa gunakan tutup kemasan oli sebagai alat ukur, kita ambil contoh tutup kemasan oli castrol.
untuk mendapatkan takaran yang pas kita juga bisa sesuaikan dengan kebutuhan kendaraan. untuk harian kita bisa pakai takarana 1 banding 1, yakni satu liter bensin dicampur dengan 1 tutup oli samping. sedangkan untuk touring perbandingannya 1 banding 3-4, satu liter bensin dicampur dengan 3-4 tutup oli samping.
alasan perbandingan ini , untuk harian karena penggunaan tidak terlalu panas karena perjalannan realatif singkat. selain itu juga vespa tidak terlalu banyak mengeluarkan asap. sedangkan untuk touring dibutuhkan lebih banyak oli samping karena kondisi mesin lebih panas karena perjalanan yang relatif jauh. sehingga butuh pendingin ekstra. karena secara fungsi oli samping yakni untuk melindungi saher dan pelumas saat pembakaran.
by :
www.vespatraveler.com
kali ini kita akan membahas tentang berapa atau cara mengetahui takaran yang ideal buat mencampurkan oli samping ke bensin.
untuk sebagian tipe vespa yang sudah memiliki pencampur otomatis mungkin tidak terlalu jadi masalah, namun untuk sebagian besar yang tak memiliki tangki yang memiliki pencampur otomatis membuat kita bingung bagaimana sih atau takaran yang ideal itu seperti apa?
untuk mengatasi itu sebenarnya di beberapa bengkel vespa sudah menyediakan alat ukurnya seperti cangkir yang menunjukan takaran untuk setiap liter bensinnya seperti gambar berikut :
namun jika kita tidak memiliki alat ukur, kita bisa gunakan tutup kemasan oli sebagai alat ukur, kita ambil contoh tutup kemasan oli castrol.
untuk mendapatkan takaran yang pas kita juga bisa sesuaikan dengan kebutuhan kendaraan. untuk harian kita bisa pakai takarana 1 banding 1, yakni satu liter bensin dicampur dengan 1 tutup oli samping. sedangkan untuk touring perbandingannya 1 banding 3-4, satu liter bensin dicampur dengan 3-4 tutup oli samping.
alasan perbandingan ini , untuk harian karena penggunaan tidak terlalu panas karena perjalannan realatif singkat. selain itu juga vespa tidak terlalu banyak mengeluarkan asap. sedangkan untuk touring dibutuhkan lebih banyak oli samping karena kondisi mesin lebih panas karena perjalanan yang relatif jauh. sehingga butuh pendingin ekstra. karena secara fungsi oli samping yakni untuk melindungi saher dan pelumas saat pembakaran.
by :
www.vespatraveler.com
ConversionConversion EmoticonEmoticon