Cara Terbaik Memperbaiki Sylinder Head Vespa yang Bocor.



Hallo vetralovers, kali ini kita akan membahas bagai mana cara terbaik Memperbaiki Silinder Head Vespa yang Bocor. sebelum memperbaikinya kita harus tau dulu mengapa sylinder head vespa kita bisa bocor, dan biasanya ada beberapa faktor yang mempengaruhinya , antara lain :

- Permukaan sylinder head yang tidak rata.
- Dudukan baut pada Crankcas sudah jebol atau aus.
- Kepadatan Kompresi yang berlebihan. Biasanya terjadi pada vespa yang sudah di tune-up alias racing.
- Baut dan mur blok-set sudah selek/ getas.
- Besarnya seher tidak berbanding lurus (seimbang) dengan besarnya lubang-lubang pada blokset (inlet - outlet - exhaust).


setelah kita tau faktor penyebab kerusakan sylinder head kita maka cara mengatasinya adalah :


1. Permukaan sylinder head yang tidak rata.
untuk mengecek Permukaan sylinder head yang tidak rata, vetralover bisa menggunakan kaca atau lantai yang rata, jiga tidak rata vetralover bisa langsung saja menghamplasnya sampai permukaannya rata.

2. Dudukan baut pada Crankcas sudah jebol atau aus.
Untuk mengecek bagian yang satu ini, vetralovers harus membongkar blok-set secara menyeluruh dan lihat bagaimana kondisi dudukan baut blok-set, jika sudah aus, besar kemungkinan penyebab bocornya sylinder head terjadi di bagian itu. Cara menanganinya masbro harus mengover-tab lubang tersebut menjadi lubang ukuran 12.

3. Kepadatan Kompresi yang berlebihan. Biasanya terjadi pada vespa yang sudah di tune-up alias racing.
Selain menghasilkan getaran yang cukup hebat, kepadatan kompresi yang berlebihan juga berpengaruh pada terjadinya kebocoran sylinder head. Untuk menyiasati kebocoran sylinder head vetralover cukup membuka sylinder head dan lihat di mana TMA (titik mati atas) seher tersebut, apakah sudah pas atau malah menabrak sylinder head. jika melebihi boring vetralover bisa menyiasatinya dengan memasang packing, namun jiga sebaliknya berarti konpresi vespa vetralover sangat rendah hingga harus dilakukan penyetelan ulang.

4. Baut dan mur blok-set sudah selek/ getas.
untuk komponen ini vetralover bisa cek langsung, jika ada yang selek langsung saja ganti.

5. Besarnya seher tidak berbanding lurus (seimbang) dengan besarnya lubang-lubang pada blokset (inlet - outlet - exhaust).
Lakukan pengecekan  ukuran seher vetralover, jika seher di bawah 5M, tidak perlu membesarkan lubang-lubang tersebut, namun jika di atas 5M, maka vetralover harus melakukan sistem tunning pada lubang-lubang tersebut.


sekian tips dari kami vetralover, semoga bermanfaat dan jangan lupa like , komen, dan share ketemen temennya ya :).

Previous
Next Post »